Press the Word

press this

Kontigensi Listrik BTS

martabak

aturan kebutuhan energi listrik untuk sebuah BTS adalah; dilarang mati!

koneksi terputus gara-gara listrik PLN mati, haram hukumnya. masih sama dengan topik sebelumnya hanya lebih sederhana dan semuanya manual, satuan daya-nya pun juga lebih kecill.

jaringan listrik di negeri kita memang sering putus. entah kehabisan energi, atau travo meledak karena kebanyakan beban, atau dll. banyak yang nyolong seh!

paling gampang pasang genset, trus beli listrik dari gardu listrik yang bereda! keren yah. kebetulan BTS ini punya dua sumber listrik dari dua travo PLN yang berbeda. tambah genset lagi. sepp!!

genset martabak

trus gabunginnya gimana? paling gampang pake “cam starter” pasang dua biji, beri pengaman MCB. outputnya diolah oleh stavolt. keluar dari stavolt disambut UPS.

cam stavolt+ups

selesai, listrik1 mati maseh ada listrik2, listrik2 mati meseh ada genset. mangstabb!!

March 25, 2008 - Posted by | network

2 Comments »

  1. wah…sepp akal akalanya….
    BTW klo punya artikel ttg intallasi power system untuk telekomunikasi?? share dong ilmunya….
    terima kasih

    Comment by andy | July 14, 2008 | Reply

  2. prinsipnya sama saja, tinggal skalanya besar atau kecil. menjadi menarik ketika dihadapkan pada dana yg mepet, hehehe..

    Comment by rockytovan | July 15, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: